Social Icons

Pages

Senin, 30 Juni 2014

RPP READING SKILL_Narratif


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan    : SMA                                                                        
Mata Pelajaran          : Bahasa Inggris
Kelas/semester           : X / 1 (satu)
Materi Pokok             : Teks naratif berbentuk legenda sederhana.
Alokasi Waktu           : 1 pertemuan (2 JP)


KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,  kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar,  dan menyaji  dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu  menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

A.      Kompetensi Inti


B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1






Mensyukuri  kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1    Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
2.


2.2
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, dan  bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.

2.2.1    Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2    Mengakui ketika             membuat kesalahan
2.2.3    Tidak menyalahkan     orang   lain atas tindakannya sendiri
2.2.4    Melakukan hal-hal yang             dikatakan akan             dikerjakan tanpa             diingatkan orang lain
3.
3.10
Menganalisi fungsi social, structure teks, dan unsure kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10.1 Menentukan tujuan             komunikatif     teks
3.10.2  Mengidentifikasi             struktur teks
3.10.3  Mengidentifikasi             unsure kebahasaan teks
4.
4.15


Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek dan sederhana.
4.15.1 Mengidentifikasi gambaran umum
4.15.2 Mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat dalam teks undangan pribadi secara tulis
4.15.3 Mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat dalam teks undangan pribadi secara tulis
4.15.4   Mengidentifikasi informasi tersurat yang terdapat dalam teks undangan pribadi secara tulis
4.15.5  Mengidentifikasi makna kata yang terdapat dalam teks undangan pribadi secara tulis.




C.      Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Setelah membaca sebuah teks undangan pribadi siswa mampu:
1.             mengidentifikasi tujuan komunikatif teks undangan narrative
2.             mengidentifikasi struktur teks narratif
3.             mengidentifikasi unsure kebahasaan teks narratif
4.             mengidentifikasi gambaran umum yang terdapat dalam teks narratif
5.             mengidentifikasi informasi tertentu yang terdapat dalam teks narrative
6.             mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat dalam teks narratif
7.            mengidentifikasi informasi tersurat yang terdapat dalam teks narrative
8.            mengidentifikasi makna kata yang terdapat dalam teks narratif

D.      Materi Pembelajaran 

Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial  : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur Teks       :   
a.    Pengenalan tokoh dan setting.
b.    Komplikasi terhadap tokoh utama.
c.    Solusi dan akhir cerita.

Unsur Kebahasaan: 
a.    Kata-kata terkait  karakter, watak, dan setting dalam legenda.
b.    Modal auxiliary verbs.
c.    Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
d.    Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
e.    Rujukan kata.

Topik      : Keteladanan tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.

E.       Metode Pembelajaran

1.         Metode Ilmiah (scientific approach)

F.       Media dan Sumber Pembelajaran

1.         Media
Gambar, audio, LCD Projector, a unit of laptop, and a unit of speaker active

2.         Sumber Pembelajaran
a).    Buku Teks Wajib
b).    Buku pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c).    Keteladan ucapan dan tindakan guru menggnakan setiap tindakan komunikasi interpersonal  dengan benar dan akurat
d).   Contoh peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/ VCD/ DVD/ kaset
e).    Contoh teks tertulis
f).     Sumber dari internet:
·         www.dailyenglish.com,
·         www.google.com

G.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran    

Pertemuan pertama

Pendahuluan 10’
Salam tegur sapa
Guru
Siswa
1.      Guru memberi salam (greeting).
2.      Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.      Guru memberi apersepsi dan motivasi.
4.      Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
5.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.      Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.
1.      Siswa menjawab salam.
2.      Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
3.      Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
4.      Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
5.      Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran
6.      Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti 60’
Observing
Guru
Siswa
1.   Guru memberikan/ menyediakan contoh gambar/teks narrative sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.   Guru menyuruh siswa untuk membaca teks secara bergantian.
3.   Guru menjelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan
4.   Guru memberikan beberapa kata dari teks naratif.
5.   Guru mengundang siswa untuk menirukan pengucapan dari model pengucapan kata yang terdapat pada teks narratif.
1.   Siswa menyimak berbagai macam  contoh gambar/teks narrative sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.   Siswa membaca teks yang secara bergantian.
3.   Siswa  memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan
4.   Siswa mengamati beberapa kata yang disediakan oleh guru.
5.   Siswa belajar menirukan pengucapan model pengucapan dari kata yang terdapat pada teks narratif.
Questioning
Guru
Siswa
1.      Guru menyediakan teks naratif yang berbeda untuk ditebak siswa dengan menyampaikan pertanyaan.
2.      Guru mengundang siswa untuk bertanya tentang teks naratif yang disediakan yang belum dimengerti.
1.   Siswa mengamati teks naratif yang diberikan dan berfikir kritis.
2.   Siswa mempertanyakan hal tentang  teks naratif yang disediakan yang belum dimengerti.
Exploring
Guru
Siswa
1.   Guru memberikan kertas soal kepada siswa.
2.   Guru menyuruh siswa untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan : informasi tertentu (soal no. 1, 2), informasi rinci (soal no. 4, 5), informasi tersirat (soal no. 3).
3.   Guru menyuruh siswa untuk mengecek kembali jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
1.   Siswa menerima kertas soal.
2.   Siswa menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan : informasi tertentu (soal no. 1, 2), informasi rinci (soal no. 4, 5), informasi tersirat (soal no. 3).
3.   Siswa mengecek kembali jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
Associating
Guru
Siswa
1.   Guru membagi siswa dalam kecil kecil beranggotakan 2 siswa.
2.   Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan : gambaran umum(soal no. 1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi rinci (soal no.  3), informasi tersirat (soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4).
3.   Guru menyuruh siswa untuk berdikusi dan mengisi kolom jawaban ; pertanyaan : informasi tertentu (soal no. 6, 7), informasi rinci (soal no. 9), informasi tersirat (soal no. 8) dan mencari makna kata (soal no, 10).
1.    Siswa membentuk kelompok kecil beranggotakan 2 siswa..
2.    Siswa berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan : gambaran umum(soal no. 1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi rinci (soal no.  3), informasi tersirat (soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4).
3.    Siswa berlatih menemukan kebenaran dan kesalahan kalimat dalam teks prosedur dengan cara berdiskusi ; pertanyaan : informasi tertentu (soal no. 6, 7), informasi rinci (soal no. 9), informasi tersirat (soal no. 8) dan mencari makna kata (soal no, 10).
Communicating
Guru
Siswa
1.   Guru menyuruh siswa untuk menceritakan kembali dengan membaca teks legenda secara singkat di depan kelas.
1.   Siswa menceritakan kembali dengan membaca teks legenda secara singkat di depan kelas.
Penutup 10’

Refleksi
Guru
Siswa
1.      Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2.      Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.      Guru mengucapkan salam perpisahan.
1.      Siswa mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2.      Siswa memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.      Siswa menjawab salam perpisahan.



.............................. 20... 
Mengetahui                                                                
Kepala SMA...                                                                        Guru Mata Pelajaran


 _______________________                                     _______________________
NIP. ...                                                                                    NIP. ...











1 komentar:

  1. Harrah's Ak-Chin Hotel And Casino - KTNV
    남원 출장안마 › Cherokee 거제 출장마사지 Hotels › › Cherokee Hotels 울산광역 출장샵 Harrah's Ak-Chin 당진 출장마사지 Hotel And Casino locations, rates, 원주 출장마사지 amenities: expert Cherokee research, only at Hotel and Travel Index.

    BalasHapus

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates