RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas/semester : X / 1 (satu)
Materi Pokok :
Teks naratif berbentuk legenda sederhana.
Alokasi Waktu : 1 pertemuan (2 JP)
KI 1
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
A.
Kompetensi Inti
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa
pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang mengungkapkan
rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru
dan teman.
|
2.2.1
Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak
menyalahkan orang lain atas tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
|
3.
|
3.10
|
Menganalisi
fungsi social, structure teks, dan unsure kebahasaan pada teks naratif
sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.10.1 Menentukan tujuan komunikatif teks
3.10.2 Mengidentifikasi struktur teks
3.10.3 Mengidentifikasi unsure kebahasaan teks
|
4.
|
4.15
|
Menangkap makna teks naratif lisan dan tulis berbentuk cerita pendek dan sederhana.
|
4.15.1 Mengidentifikasi
gambaran umum
4.15.2 Mengidentifikasi informasi tertentu yang
terdapat dalam teks undangan pribadi secara tulis
4.15.3 Mengidentifikasi informasi rinci yang
terdapat dalam teks undangan pribadi secara tulis
4.15.4 Mengidentifikasi
informasi tersurat yang terdapat dalam teks undangan pribadi secara tulis
4.15.5 Mengidentifikasi makna kata yang terdapat
dalam teks undangan pribadi secara tulis.
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah membaca sebuah teks undangan pribadi siswa mampu:
1.
mengidentifikasi tujuan komunikatif teks
undangan narrative
2.
mengidentifikasi struktur teks narratif
3.
mengidentifikasi unsure kebahasaan teks narratif
4.
mengidentifikasi gambaran umum yang
terdapat dalam teks narratif
5.
mengidentifikasi informasi tertentu yang
terdapat dalam teks narrative
6.
mengidentifikasi informasi rinci yang
terdapat dalam teks narratif
7.
mengidentifikasi informasi tersurat yang
terdapat dalam teks narrative
8.
mengidentifikasi makna kata yang
terdapat dalam teks narratif
D.
Materi Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Fungsi
Sosial : Meneladani nilai-nilai moral, cinta tanah air, menghargai budaya lain.
Struktur Teks :
a.
Pengenalan tokoh dan setting.
b.
Komplikasi terhadap tokoh utama.
c.
Solusi dan akhir cerita.
Unsur Kebahasaan:
a.
Kata-kata
terkait karakter, watak, dan setting
dalam legenda.
b.
Modal
auxiliary verbs.
c.
Ejaan dan
tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
d.
Ucapan,
tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan.
e.
Rujukan
kata.
Topik : Keteladanan
tentang perilaku dan nilai-nilai luhur dan budaya.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode Ilmiah (scientific approach)
F.
Media
dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar, audio, LCD Projector, a unit of laptop, and a unit of speaker active
2.
Sumber
Pembelajaran
a). Buku
Teks Wajib
b). Buku
pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c). Keteladan
ucapan dan tindakan guru menggnakan setiap tindakan komunikasi
interpersonal dengan benar dan akurat
d). Contoh
peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/ VCD/ DVD/ kaset
e). Contoh
teks tertulis
f). Sumber
dari internet:
G.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan 10’
|
|
Salam tegur sapa
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberi salam (greeting).
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memberi apersepsi dan
motivasi.
4.
Guru mengajukan pertanyaan
tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari.
5.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran.
6.
Guru menyampaikan cakupan materi
dan uraian kegiatan.
|
1. Siswa
menjawab salam.
2. Siswa
mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
3. Siswa
mendengarkan/ mengikuti kegiatan untuk motivasi.
4. Siswa
menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
5. Siswa
mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran
6. Siswa
mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
|
Kegiatan Inti 60’
|
|
Observing
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberikan/ menyediakan
contoh gambar/teks narrative sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
Guru menyuruh siswa untuk membaca
teks secara bergantian.
3.
Guru menjelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan
4.
Guru memberikan beberapa kata
dari teks naratif.
5.
Guru mengundang siswa untuk
menirukan pengucapan dari model pengucapan kata yang terdapat pada teks
narratif.
|
1.
Siswa menyimak berbagai macam contoh
gambar/teks narrative sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
Siswa membaca teks yang secara
bergantian.
3.
Siswa memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, unsur kebahasaan
4.
Siswa mengamati beberapa kata
yang disediakan oleh guru.
5.
Siswa belajar menirukan pengucapan model pengucapan
dari kata yang terdapat pada teks narratif.
|
Questioning
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
menyediakan teks naratif yang berbeda untuk ditebak siswa dengan menyampaikan
pertanyaan.
2. Guru
mengundang siswa untuk bertanya tentang teks
naratif yang disediakan yang belum dimengerti.
|
1.
Siswa mengamati teks naratif yang diberikan dan
berfikir kritis.
2.
Siswa mempertanyakan hal tentang teks naratif yang disediakan yang belum
dimengerti.
|
Exploring
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
memberikan kertas soal kepada siswa.
2. Guru
menyuruh siswa untuk menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan :
informasi tertentu (soal no. 1, 2), informasi
rinci (soal no. 4, 5), informasi tersirat (soal no. 3).
3. Guru
menyuruh siswa untuk mengecek kembali jawaban dari pertanyaan yang sudah
disediakan.
|
1. Siswa
menerima kertas soal.
2. Siswa
menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan : informasi tertentu (soal no. 1, 2),
informasi rinci (soal no. 4, 5), informasi tersirat (soal no. 3).
3. Siswa
mengecek kembali jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
|
Associating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
membagi siswa dalam kecil kecil beranggotakan 2 siswa.
2. Guru
menyuruh siswa untuk berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disediakn;
pertanyaan : gambaran umum(soal no. 1), informasi
tertentu (soal no. 2), informasi rinci (soal no. 3), informasi tersirat (soal no. 5) dan
mencari makna kata (soal no, 4).
3. Guru
menyuruh siswa untuk berdikusi dan mengisi kolom jawaban ; pertanyaan :
informasi tertentu (soal no. 6, 7), informasi
rinci (soal no. 9), informasi tersirat (soal no. 8) dan mencari makna kata
(soal no, 10).
|
1. Siswa
membentuk kelompok kecil beranggotakan 2 siswa..
2. Siswa
berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan : gambaran umum(soal no. 1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi
rinci (soal no. 3), informasi tersirat
(soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4).
3. Siswa
berlatih menemukan kebenaran dan kesalahan kalimat dalam teks prosedur dengan cara
berdiskusi ; pertanyaan : informasi tertentu (soal no. 6, 7), informasi rinci (soal no. 9), informasi
tersirat (soal no. 8) dan mencari makna kata (soal no, 10).
|
Communicating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
menyuruh siswa untuk menceritakan kembali dengan membaca teks legenda secara
singkat di depan kelas.
|
1. Siswa
menceritakan kembali dengan membaca teks legenda secara singkat di depan
kelas.
|
Penutup 10’
|
|
Refleksi
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
melakukan refleksi dan menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
2. Guru
menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
3. Guru
mengucapkan salam perpisahan.
|
1. Siswa
mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang
telah dipelajari.
2. Siswa
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
3. Siswa
menjawab salam perpisahan.
|
..............................
20...
Mengetahui
Kepala SMA... Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
NIP. ... NIP. ...
Harrah's Ak-Chin Hotel And Casino - KTNV
BalasHapus› 남원 출장안마 › Cherokee 거제 출장마사지 Hotels › › Cherokee Hotels 울산광역 출장샵 Harrah's Ak-Chin 당진 출장마사지 Hotel And Casino locations, rates, 원주 출장마사지 amenities: expert Cherokee research, only at Hotel and Travel Index.