RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII / 1 (satu)
Materi Pokok : Teks deskriptif menanyatakan dan menyatakan
tentang orang secara tulis
Alokasi Waktu
: 1 pertemuan (2 JP)
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut
pandang/teori.
|
A.
Kompetensi
Inti
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang
mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku jujur,
disiplin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
transaksional
dengan guru
dan teman.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan
anggotanya saat menjadi
pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas
tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan
hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
|
3.
|
3.10
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif
dengan menyatakan dan menanyakan tentang deskripsi orang, binatang, dan
benda, sangat pendek dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.10.1 Menentukan
tujuan komunikatif teks
3.10.2 Mengidentifikasi
struktur teks
3.10.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks
|
4.
|
4.12
|
Menangkap
makna teks deskriptif lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana.
|
4.12.1 Mengidentifikasi gambaran umum yang terdapat
dalam teks deskriptif secara tulis
4.12.2 Mengidentifikasi
informasi tertentu yang terdapat dalam teks deskriptif secara tulis
4.12.3
Mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat dalam teks deskriptif secara
tulis
4.12.4 Mengidentifikasi informasi tersurat yang
terdapat dalam teks deskriptif secara tulis
4.12.5 Mengidentifikasi
makna kata yang terdapat dalam teks deskriptif secara tulis
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah membaca sebuah teks undangan pribadi siswa mampu:
1.
mengidentifikasi tujuan komunikatif teks deskriptif
2.
mengidentifikasi struktur teks deskriptif
3.
mengidentifikasi unsure kebahasaan teks deskriptif
4.
mengidentifikasi gambaran umum yang terdapat dalam
teks deskriptif
5.
mengidentifikasi informasi tertentu yang
terdapat dalam teks deskriptif
6.
mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat
dalam teks deskriptif
7.
mengidentifikasi informasi tersurat yang
terdapat dalam teks deskriptif
8.
mengidentifikasi makna kata yang terdapat dalam teks
deskriptif
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi Sosial : Membanggakan, mengenalkan, mengidentifikasi, memuji, mengkritik, dsb.
Struktur
Teks :
a.
Penyebutan nama orang, binatang, benda dan nama bagian-bagiannya yang
dipilih untuk dideskripsikan
b.
Penyebutan sifat orang, binatang, benda dan bagiannya, dan
c.
Penyebutan tindakan dari atau terkait dengan orang, binatang, benda yang
semuanya sesuai dengan fungsi sosial yang hendak dicapai.
Panjang teks: kurang lebih 3
(tiga) kalimat.
Unsur
Kebahasaan:
(1) Penyebutan kata benda singular dengan a dan the, dan plural (-s).
(2) Kata ganti it,
they, she, we, dst; our, my, your, their, dst.
(3) Kata sifat yang sangat lazim, young, old, clever, big, small, easy, difficult, dilligent, tired,
tall, short, beautiful, dan
semacamnya
(4) Kata kerja untuk menyatakan keadaan dan tindakan
rutin dalam simple present tense: be,
have, go, play,get, take, dan sebagainya.
(5) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
(6) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan.
Topik : Orang, binatang, benda di
sekitar dan relevan dengan kehidupan siswa, dengan
memberikan keteladanan tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah lingkungan.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode
Ilmiah (scientific approach)
F.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar,
audio, LCD Projector, a unit of laptop, and a unit of speaker active
2.
Sumber Pembelajaran
a).
Buku Teks Wajib
b).
Buku pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c).
Keteladan ucapan dan tindakan guru menggnakan
setiap tindakan komunikasi interpersonal
dengan benar dan akurat
d).
Contoh peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/
VCD/ DVD/ kaset
e).
Contoh teks tertulis
f).
Sumber dari internet:
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Pendahuluan
10’
|
|
Salam
tegur sapa
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberi salam (greeting).
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memberi apersepsi dan motivasi.
4.
Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan
antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan.
|
1.
Siswa menjawab salam.
2.
Siswa mendengarkan saat guru memeriksa
daftar kehadiran.
3.
Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan
untuk motivasi.
4.
Siswa menjawab pertanyaan tentang
pengetahuan materi sebelumnya.
5.
Siswa mendengarkan penyampaian guru
tentang tujuan pembelajaran
6.
Siswa mendengarkan penyampaian guru
tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
|
Kegiatan
Inti 60’
|
|
Observing
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberikan/ menyediakan contoh
gambar/teks deskriptif tentang menanyakan dan menyatakan tentang orang sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
Guru menyuruh siswa untuk membaca teks
secara bergantian.
3.
Guru menjelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan
4.
Guru memberikan beberapa kata dari teks deskriptif
tentang menanyakan dan menyatakan tentang orang
5.
Guru mengundang siswa untuk menirukan
pengucapan dari model pengucapan kata yang terdapat pada teks deskriptif
tentang menanyakan dan menyatakan tentang orang.
|
1.
Siswa menyimak berbagai macam contoh
gambar/teks deskriptif tentang menanyakan dan menyatakan tentang orang sesuai dengan konteks penggunaannya.
2.
Siswa membaca teks yang secara bergantian.
3.
Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan
4.
Siswa mengamati beberapa kata yang
disediakan oleh guru.
5.
Siswa
belajar menirukan pengucapan model pengucapan dari kata yang
terdapat pada teks deskriptif tentang menanyakan dan menyatakan tentang orang.
|
Questioning
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru menyediakan teks deskriptif tentang
menanyakan dan menyatakan tentang orang yang berbeda untuk ditebak siswa
dengan menyampaikan pertanyaan.
2.
Guru mengundang siswa untuk bertanya
tentang teks deskriptif tentang menanyakan
dan menyatakan tentang orang berbeda yang disediakan yang belum dimengerti.
|
1. Siswa mengamati teks deskriptif tentang
menanyakan dan menyatakan tentang orang yang diberikan dan berfikir kritis.
2. Siswa mempertanyakan hal tentang teks deskriptif
tentang menanyakan dan menyatakan tentang orang yang disediakan yang belum
dimengerti.
|
Exploring
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberikan kertas soal kepada siswa.
2.
Guru menyuruh siswa untuk mengisi daftar
list tentang deskriptif menanyakan dan menyatakan tentang orang yang telah
disediakan
3.
Guru menyuruh siswa untuk mengecek
kembali jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
|
1. Siswa menerima kertas soal.
2. Siswa menjawab pertanyaan dengan mengisi
daftar list deskriptif tentang menanyakan dan menyatakan tentang orang yang telah
disediakan
3. Siswa mengecek kembali
jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
|
Associating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil
beranggotakan 2-3 siswa.
2.
Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi
menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan: gambaran umum(soal no.
1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi
rinci (soal no. 3), informasi tersirat
(soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4).
|
1. Siswa
membentuk kelompok kecil beranggotakan 2-3 siswa..
2. Siswa
berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan: gambaran umum(soal no. 1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi
rinci (soal no. 3), informasi tersirat
(soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4)
|
Communicating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
menyuruh siswa untuk mendiskripsikan teman atau orang lain dengan membaca
kannya di depan kelas
|
1.
Siswa untuk
mendiskripsikan teman atau orang lain dengan membacakannya di depan kelas
|
Penutup
10’
|
|
Refleksi
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari.
2.
Guru menyampaikan informasi tentang
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.
Guru mengucapkan salam perpisahan.
|
1. Siswa
mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang
telah dipelajari.
2. Siswa
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
3. Siswa
menjawab salam perpisahan.
|
.............................. 20...
Mengetahui Kepala SMA... Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
NIP. ... NIP. ...
izin copy ya, thanks
BalasHapusapakah kegiatan pertemuan pertama dan kedua sama?
BalasHapus