RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester : IX / 1 (satu)
Materi Pokok : Teks iklan produk dan jasa
Alokasi Waktu
: 1 pertemuan (2 JP)
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut
pandang/teori.
|
A.
Kompetensi
Inti
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang
mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku jujur,
disiplin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
transaksional
dengan guru
dan teman.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan
anggotanya saat menjadi
pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas
tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan
hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
|
3.
|
3.14
|
Menyebutkan
structure teks, unsure kebahasaan, dan fungsi social dari teks iklan dan
jasa, sesuai dengan konteks penggunaannya.
|
3.14.1 Menentukan
tujuan komunikatif teks
3.14.2 Mengidentifikasi
struktur teks
3.14.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks
|
4.
|
4.16
|
Menangkap
makna teks iklan produk dan jasa, sangat pendek dan sederhana.
|
4.16.1 Mengidentifikasi gambaran umum yang terdapat
dalam teks iklan produk dan jasa
4.16.2 Mengidentifikasi
informasi tertentu yang terdapat dalam teks iklan produk dan jasa
4.16.3
Mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat dalam teks iklan
produk dan jasa
4.16.4 Mengidentifikasi informasi tersurat yang
terdapat dalam teks iklan produk dan jasa
4.16.5 Mengidentifikasi
makna kata yang terdapat dalam teks iklan produk dan jasa
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah membaca sebuah teks undangan pribadi siswa mampu:
1.
mengidentifikasi tujuan komunikatif teks iklan produk
dan jasa
2.
mengidentifikasi struktur teks iklan produk
dan jasa
3.
mengidentifikasi unsure kebahasaan teks iklan produk
dan jasa
4.
mengidentifikasi gambaran umum yang terdapat
dalam teks iklan produk dan jasa
5.
mengidentifikasi informasi tertentu yang
terdapat dalam teks iklan produk dan jasa
6.
mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat
dalam teks iklan produk dan jasa
7.
mengidentifikasi informasi tersurat yang
terdapat dalam teks iklan produk dan jasa
8.
mengidentifikasi makna kata yang terdapat dalam teks
iklan
produk dan jasa
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi
Sosial : Membaca dan menulis dengan
cermat untuk menjalin hubungan antar pribadi, melakukan tindakan dengan tepat,
menghindari kekeliruan
Struktur Teks :
a.
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik.
b.
Iklan produk dan jasa, pendek dan sederhana
Unsur
Kebahasaan:
(1)
Ungkapan dan tata bahasa yang lazim
(2) Simple Present tense, Future tense
(3) Penggunaan kata bantu modal yang lazim
(4) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi
(5) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika
mempresentasikan secara lisan
Topik : Obat, makanan, minuman,
barang, jasa, yang lazim atau terkait dengan hidup siswa di sekolah, rumah, dan
masyarakat, dengan memberikan
keteladanan tentang perilaku disiplin, peduli, pola hidup sehat, dan ramah
lingkungan.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode
Ilmiah (scientific approach)
F.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar,
audio, LCD Projector, a unit of laptop, and a unit of speaker active
2.
Sumber Pembelajaran
a).
Buku Teks Wajib
b).
Buku pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c).
Keteladan ucapan dan tindakan guru menggnakan
setiap tindakan komunikasi interpersonal
dengan benar dan akurat
d).
Contoh peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/
VCD/ DVD/ kaset
e).
Contoh teks tertulis
f).
Sumber dari internet:
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Pendahuluan
10’
|
|
Salam
tegur sapa
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberi salam (greeting).
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memberi apersepsi dan motivasi.
4.
Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan
antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan.
|
1.
Siswa menjawab salam.
2.
Siswa mendengarkan saat guru memeriksa
daftar kehadiran.
3.
Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan
untuk motivasi.
4.
Siswa menjawab pertanyaan tentang
pengetahuan materi sebelumnya.
5.
Siswa mendengarkan penyampaian guru
tentang tujuan pembelajaran
6.
Siswa mendengarkan penyampaian guru
tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
|
Kegiatan
Inti 60’
|
|
Observing
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberikan/ menyediakan contoh
gambar/teks iklan produk dan jasa sesuai
dengan konteks penggunaannya.
2.
Guru menyuruh siswa untuk membaca teks
secara bergantian.
3.
Guru menjelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan
4.
Guru memberikan beberapa kata dari teks iklan
produk dan jasa
5.
Guru mengundang siswa untuk menirukan
pengucapan dari model pengucapan kata yang terdapat pada teks iklan produk
dan jasa.
|
1.
Siswa menyimak berbagai macam contoh
gambar/teks iklan produk dan jasa sesuai
dengan konteks penggunaannya.
2.
Siswa membaca teks yang secara
bergantian.
3.
Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan
4.
Siswa mengamati beberapa kata yang
disediakan oleh guru.
5.
Siswa belajar
menirukan
pengucapan model pengucapan dari kata yang terdapat pada teks iklan produk
dan jasa.
|
Questioning
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru menyediakan teks iklan produk dan
jasa yang berbeda untuk ditebak siswa dengan menyampaikan pertanyaan.
2.
Guru mengundang siswa untuk bertanya
tentang teks iklan produk dan jasa berbeda
yang disediakan yang belum dimengerti.
|
1. Siswa mengamati teks iklan produk dan
jasa yang diberikan dan berfikir kritis.
2. Siswa mempertanyakan hal tentang teks iklan
produk dan jasa yang disediakan yang belum dimengerti.
|
Exploring
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberikan kertas soal kepada siswa.
2.
Guru menyuruh siswa untuk berlatih menemukan gagasan
utama, informasi tertentu dan makna kata dalam teks iklan
3.
Guru menyuruh siswa untuk mengecek
kembali jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
|
1. Siswa menerima kertas soal.
2. Siswa berlatih menemukan gagasan utama, informasi tertentu dan makna kata dalam
teks iklan yang telah disediakan
3. Siswa mengecek kembali
jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
|
Associating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil
beranggotakan 2-3 siswa.
2.
Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi
menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan: gambaran umum(soal no.
1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi
rinci (soal no. 3), informasi tersirat
(soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4).
|
1. Siswa
membentuk kelompok kecil beranggotakan 2-3 siswa..
2. Siswa
berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan: gambaran umum(soal no. 1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi
rinci (soal no. 3), informasi tersirat
(soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4)
|
Communicating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil dari diskusi dengan membacakannya di depan kelas
|
1.
Siswa mempresentasikan
hasil dari diskusi dengan
membacakannya di depan kelas
|
Penutup
10’
|
|
Refleksi
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari.
2.
Guru menyampaikan informasi tentang
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.
Guru mengucapkan salam perpisahan.
|
1. Siswa
mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang
telah dipelajari.
2. Siswa
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
3. Siswa
menjawab salam perpisahan.
|
.............................. 20...
Mengetahui Kepala SMA... Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
NIP. ... NIP. ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar