RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/semester : VII / 1 (satu)
Materi Pokok : Teks instruksi tulis
Alokasi Waktu : 1 pertemuan
(2 JP)
A.
Kompetensi Inti
KI 1
|
:
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
KI 4
|
:
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut
pandang/teori.
|
Dasar dan B.
BKompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
|
1.
|
1.1
|
Mensyukuri kesempatan
dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
1.1.1 Menulis learning log yang
mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris
|
2.
|
2.2
|
Menunjukkan
perilaku jujur,
disiplin, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi
transaksional
dengan guru
dan teman.
|
2.2.1 Bertanggung jawab atas tindakan
anggotanya saat menjadi
pemimpin kelompok
2.2.2 Mengakui
ketika membuat kesalahan
2.2.3 Tidak menyalahkan orang lain atas
tindakannya sendiri
2.2.4 Melakukan
hal-hal yang dikatakan akan dikerjakan tanpa diingatkan orang lain
|
3.
|
3.9
|
Memahami
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks instruksi (instruction),
tanda atau rambu (short notice), tanda peringatan (warning/caution), sesuai
dengan konteks penggunaannya.
|
3.9.1 Menentukan
tujuan komunikatif teks
3.9.2 Mengidentifikasi
struktur teks
3.9.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan teks
|
4.
|
4.10
|
Menangkap
makna teks instruksi (instruction), tanda atau rambu (short notice), tanda
peringatan
(warning/caution),
lisan dan tulis, sangat pendek dan sederhana.
|
4.11.1 Mengidentifikasi gambaran umum yang terdapat
dalam teks instruksi secara tulis
4.11.2 Mengidentifikasi
informasi tertentu yang terdapat dalam teks instruksi secara tulis
4.11.3
Mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat dalam teks instruksi secara
tulis
4.11.4 Mengidentifikasi informasi tersurat yang
terdapat dalam teks instruksi secara tulis
4.11.5 Mengidentifikasi
makna kata yang terdapat dalam teks instruksi secara tulis
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
Setelah membaca sebuah teks undangan pribadi siswa mampu:
1.
mengidentifikasi tujuan komunikatif teks instruksi
2.
mengidentifikasi struktur teks instruksi
3.
mengidentifikasi unsure kebahasaan teks instruksi
4.
mengidentifikasi gambaran umum yang terdapat
dalam teks instruksi
5.
mengidentifikasi informasi tertentu yang
terdapat dalam teks instruksi
6.
mengidentifikasi informasi rinci yang terdapat
dalam teks instruksi
7.
mengidentifikasi informasi tersurat yang
terdapat dalam teks instruksi
8.
mengidentifikasi makna kata yang terdapat dalam teks
instruksi
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Fungsi
Sosial : Mencapai tujuan, menjaga
ketertiban dan keselamatan pribadi dan publik.
Struktur
Teks :
Ungkapan baku dari sumber-sumber otentik:
a.
Instruksi: Read the report carefully. No students should be late. Always
come on time. Shake well before use.
b.
Rambu (short notice): Keep the room clean and tidy. Keep door closed at all
times. Do not enter. An email has been received. No mobile phones in the
library.
c. Peringatan (warning/caution): Caution - Very hot
water. Danger, 240 volts. Slippery when wet. Warning – Dangerous chemicals.
Unsur
Kebahasaan:
(1) Kata dan tata bahasa yang lazim digunakan
(2) Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan
rapi.
(3) Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan
secara lisan
Topik : Tindakan di sekolah dan di
rumah dengan memberikan keteladanan
tentang perilaku disiplin, jujur, peduli, pola hidup sehat, dan ramah
lingkungan.
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode
Ilmiah (scientific approach)
F.
Media dan Sumber Pembelajaran
1.
Media
Gambar,
audio, LCD Projector, a unit of laptop, and a unit of speaker active
2.
Sumber Pembelajaran
a).
Buku Teks Wajib
b).
Buku pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
c).
Keteladan ucapan dan tindakan guru menggnakan
setiap tindakan komunikasi interpersonal
dengan benar dan akurat
d).
Contoh peragaan dalam bentuk rekaman audio CD/
VCD/ DVD/ kaset
e).
Contoh teks tertulis
f).
Sumber dari internet:
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Pendahuluan
10’
|
|
Salam
tegur sapa
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberi salam (greeting).
2.
Guru memeriksa kehadiran siswa.
3.
Guru memberi apersepsi dan motivasi.
4.
Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan
antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
6.
Guru menyampaikan cakupan materi dan
uraian kegiatan.
|
1.
Siswa menjawab salam.
2.
Siswa mendengarkan saat guru memeriksa
daftar kehadiran.
3.
Siswa mendengarkan/ mengikuti kegiatan
untuk motivasi.
4.
Siswa menjawab pertanyaan tentang
pengetahuan materi sebelumnya.
5.
Siswa mendengarkan penyampaian guru
tentang tujuan pembelajaran
6.
Siswa mendengarkan penyampaian guru
tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
|
Kegiatan
Inti 60’
|
|
Observing
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberikan/ menyediakan contoh
gambar/teks instruksi sesuai
dengan konteks penggunaannya.
2.
Guru menyuruh siswa untuk membaca teks
secara bergantian.
3.
Guru menjelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan
4.
Guru memberikan beberapa kata dari teks instruksi
5.
Guru mengundang siswa untuk menirukan
pengucapan dari model pengucapan kata yang terdapat pada teks instruksi.
|
1.
Siswa menyimak berbagai macam contoh
gambar/teks instruksi sesuai
dengan konteks penggunaannya.
2.
Siswa membaca teks yang secara
bergantian.
3.
Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks,
unsur kebahasaan
4.
Siswa mengamati beberapa kata yang
disediakan oleh guru.
5.
Siswa
belajar menirukan pengucapan model pengucapan dari kata yang
terdapat pada teks instruksi.
|
Questioning
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru menyediakan teks instruksi yang
berbeda untuk ditebak siswa dengan menyampaikan pertanyaan.
2.
Guru mengundang siswa untuk bertanya
tentang teks instruksi berbeda yang
disediakan yang belum dimengerti.
|
1. Siswa mengamati teks instruksi yang
diberikan dan berfikir kritis.
2. Siswa mempertanyakan hal tentang teks instruksi
yang disediakan yang belum dimengerti.
|
Exploring
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru memberikan kertas soal kepada siswa.
2.
Guru menyuruh siswa untuk mengisi daftar
list tentang instruksi yang ada di sekitar yang diketahui (free)
3.
Guru menyuruh siswa untuk mengecek
kembali jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
|
1. Siswa menerima kertas soal.
2. Siswa menjawab pertanyaan dengan mengisi
daftar list tentang instruksi yang ada di sekitar yang diketahui (free)
3. Siswa mengecek kembali
jawaban dari pertanyaan yang sudah disediakan.
|
Associating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru membagi siswa dalam kelompok kecil
beranggotakan 2-3 siswa.
2.
Guru menyuruh siswa untuk berdiskusi
menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan: gambaran umum(soal no.
1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi
rinci (soal no. 3), informasi tersirat
(soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4).
|
1. Siswa
membentuk kelompok kecil beranggotakan 2-3 siswa..
2. Siswa
berdiskusi menjawab pertanyaan yang sudah disediakn; pertanyaan: gambaran umum(soal no. 1), informasi tertentu (soal no. 2), informasi
rinci (soal no. 3), informasi tersirat
(soal no. 5) dan mencari makna kata (soal no, 4)
|
Communicating
|
|
Guru
|
Siswa
|
1. Guru
menyuruh siswa mempresentasikan hasil dari
diskusi teks instruksi (instruction) yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman.
|
1.
Siswa mempresentasikan hasil dari diskusi teks instruksi (instruction) yang sudah diperbaiki berdasarkan masukan dari guru dan teman.
|
Penutup
10’
|
|
Refleksi
|
|
Guru
|
Siswa
|
1.
Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan
hal-hal yang telah dipelajari.
2.
Guru menyampaikan informasi tentang
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
3.
Guru mengucapkan salam perpisahan.
|
1. Siswa
mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang
telah dipelajari.
2. Siswa
memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya.
3. Siswa
menjawab salam perpisahan.
|
.............................. 20...
Mengetahui Kepala SMA... Guru
Mata Pelajaran
_______________________ _______________________
NIP. ... NIP. ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar