Social Icons

Pages

Rabu, 16 Juli 2014

RPP writing skill tentang Job Aplication Letter kelas XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
­­­­­­­­­­­­Satuan Pendidikan                        : SMAN 4 Kediri
Mata Pelajaran                   : Bahasa Inggris
Kelas/Pelajaran                  : XII/ 1 (satu)
Materi Pokok                       : Surat Lamaran Pekerjaan tulis.
Alokasi Waktu                     : 1 pertemuan (2 JP)


A.       Kompetensi Inti
KI 1     : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2     : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli      (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3     : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,  prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4     : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No.
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari      bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi international yang diwujudkan dalam semangat belajar.
1.1.1  Menulis learning log yang mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan dapat belajar bahasa Inggris.
2.
  2.2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.2.1 Mengakui ketika membuat kesalahan.
2.2.2 Selalu mematuhi  peraturan yang ada.
2.3.3 Menyampaikan sesuatu dengan benar dan tegas.
2.2.4 Bertanggung jawab atas tindakan anggotanya saat menjadi pemimpin kelompok.
3.
3.10 Menganalisis fungsi sosial, struktur  teks, dan unsur kebahasaan dari surat lamaran kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya.
3.10.1 Mengidentifikasi tujuan komunikatif dalam surat lamaran kerja secara tulis.
3.10.2 Mengidentifikasi struktur text dalam surat lamaran kerja secara tulis.
3.10.3 Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam surat lamaran kerja secara tulis.
4.
4.6   Menyusun surat lamaran kerja, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur  teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.6.1  Menyusun surat lamaran kerja dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar secara tulis
4.6.2  Menulis surat lamaran kerja dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar secara tulis.



C.        Tujuan Pembelajaran
Setelah diberikan teks surat lamaran kerja siswa mampu:
1.      .Mengidentifikasi tujuan komunikatif dalam surat lamaran kerja secara tulis.
2.      Mengidentifikasi struktur text dalam surat lamaran kerja secara tulis.
3.      Mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam surat lamaran kerja secara tulis.
4.  Menyusun surat lamaran kerja dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar secara tulis.
5.  Menulis surat lamaran kerja dengan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar secara tulis.
D.     Materi Pembelajaran
Fungsi Sosial       :  Membuat surat lamaran kerja dengan baik, untuk membuat pembaca terkesan sehingga mencapai tujuannya.
Structure Texts            :
Ungkapan yang lazim digunakan oleh sumber-sumber otentik: surat lamaran kerja

Unsur Kebahasaan :
a.       Kata dan tata bahasa yang lazim
b.       Ejaan dan tulisan tangan dan cetak yang jelas dan rapi.
c.       Ucapan, tekanan kata, intonasi, ketika mempresentasikan secara lisan
d.            Rujukan kata

Topik
Kegiatan atau acara penting dalam kehidupan pribadi siswa, dengan memberikan keteladanan tentang tanggung jawab dan pro-aktif

E.        Metode Pembelajaran
1.      Metode Ilmiah (Scientific Approach)

F.        Media dan Sumber Pembelajaran
       Media :
*    LCD Projector, a unit of laptop, and a unit of speaker active.
       Sumber Pembelajaran :
*   Koran/ majalah berbahasa Inggris
*   Buku Teks Wajib
*   Buku pelatihan bahasa Inggris kurikulum 2013
*   Contoh teks tertulis
*   Sumber dari internet:
-             www.dailyenglish.com
-                 http://learnenglish.britishcouncil.org/en/


G.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan 10’
Salam tegur sapa
Guru
Siswa
-   Guru memberi salam (greeting).
-   Guru memeriksa kehadiran siswa.
-   Guru memberi apersepsi dan motivasi.
-   Guru mengajukan pertanyaan tentang kaitan antara pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
-   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
-   Guru menyampaikan cakupan materi dan uraian kegiatan.
-   Siswa menjawab salam.
-   Siswa mendengarkan saat guru memeriksa daftar kehadiran.
-   Siswa mendengarkan/ mengikuti  kegiatan untuk motivasi.
-   Siswa menjawab pertanyaan tentang pengetahuan materi sebelumnya.
-   Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang tujuan pembelajaran.
-   Siswa mendengarkan penyampaian guru tentang cakupan materi dan uraian kegiatan.
Kegiatan Inti 60’
Observing
Guru
Siswa
-    Guru memberikan/menyediakan contoh surat lamaran kerja. (Activity 1)
-    Guru menjelaskan tentang fungsi sosial, struktur teks, unsur kebahasaan pada surat lamaran kerja. (Activity 2)
-   Siswa menyimak/mengamati contoh surat lamaran kerja. (Activity 1)
-   Siswa memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaannya pada surat lamaran kerja. (Activity 2)
Questioning
Guru
Siswa
-    Guru menyediakan contoh surat lamaran kerja yang berbeda untuk ditebak siswa dengan menyampaikan pertanyaan. (Activity 3)
-    Guru mengarahkan siswa untuk bertanya tentang surat lamaran kerja yang telah disediakan .
-   Siswa mengamati contoh surat lamaran kerja yang diberikan dan berfikir kritis. (Activity 3)
-   Siswa mempertanyakan tentang surat lamaran kerja yang telah disediakan.
Exploring
Guru
Siswa
-    Guru memberikan surat lamaran kerja yang berbeda. (Activity 4)
-    Guru menyuruh siswa menemukan ungkapan yang lazim yang ada pada bacaan.
-    Siswa menerima surat lamaran kerja yang diberikan oleh guru (Activity 4)
-    Siswa mencoba menemukan ungkapan yang lazim yang terdapat pada bacaan.
Associating
Guru
Siswa
-    Guru meminta siswa membentuk beberapa kelompok kecil, lalu mendistribusikan lembaran tugas yang terkait dengan pemahaman isi bacaan.
-    Guru meminta siswa mendiskusikan dengan teman sekelompok tugas menyusun surat lamaran kerja yang telah diterimanya. (activity 5)
-    Siswa membentuk kelompok kecil yang beranggotakan 3 sampai 5 orang.
-    Masing-masing kelompok mendiskusikan tugas yang diberikan oleh guru untuk menyusun surat lamaran kerja dengan fokus pada fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan. (activity 5)
Communicating
Guru
Siswa
-    Guru menyuruh siswa untuk membuat surat lamaran kerja sesuai dengan konteks yang diberikan.
-    Guru mengoreksi surat lamaran kerja yang dihasilkan siswa. (Activity 6)
-    siswa membuat surat lamaran kerja sesuai dengan konteks yang diberikan oleh guru.
-    Dengan bimbingan guru secara langsung, siswa mengamati hasil koreksi dari guru.  (Activity 6)
Penutup 10’

Refleksi
Guru
Siswa
-   Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
-   Guru menyampaikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
-    Guru mengucapkan salam perpisahan.
-   Siswa mengikuti/ melakukan refleksi dan mendengarkan guru menyimpulkan hal-hal yang telah dipelajari.
-    Siswa memperhatikan informasi tentang rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
-   Siswa menjawab salam perpisahan.




Kediri, 22 Mei 2014
Mengetahui,

Mengetahui Kepala SMAN 4 Kediri                                                  Guru Mata Pelajaran


___________________________                                                                                 ____________________
NIP. ...                                                                                                   NIP. ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Sample text

Sample Text

 
Blogger Templates